11:01 PM
0

alam..
alam itu sangat indah
dengan pegunungan yang menjulang tinggi ke langit
hutan - hutan yang terlihat rindang dan sejuk...
dan berbagai pemandangan lain yang sangat menakjubkan yang diberikan oleh alam disekitar kita...

pernah berpikir gak ?
apa saja yang pernah kita berikan untuk alam kita yang indah ini...
alam emang sangat menguntungkan bagi kita...
tidak hanya 1 manfaat saja, tapi berjuta - juta manfaat..
yang bahkan mungkin kita tidak bisa hidup tanpa alam itu sendiri....
contoh saja hutan..
hutan bermanfaat untuk menghasilkan kayu, sebagai paru - paru dunia, habitat flora dan fauna dan masih banyak yang lain lagi.

apa jadinya jika kita merusak alam kita sendiri ?
membuang sampah/limbah sembarangan
membakar hutan
dan mengeksploitasi hasil dari alam kita ini

Alam memang memberikan sejuta manfaat bagi kehidupan manusia. Itu terjadi apabila kita selalu menjaga dan merawat alam disekitar kita. Tapi bagaimana jika kita hanya merusak alam yang telah disediakan oleh Sang Pencipta Allah SWT, alam yang sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia, tidak hanya 1 kawasan atau negara atau regional saja, tetapi kelangsungan hidup seluruh manusia yang ada di dunia ini. Apa jadinya jika semua air laut menjadi tercemar ? hutan - hutan dibakar tanpa adanya pertanggung jawaban untuk penanaman kembali. Bagaimana kita hidup jika alam seperti itu ? tentu kita semua tidak ingin merasakan hal yang mengerikan itu terjadi.

hal mengerikan itu mungkin sudah terjadi, tapi hanya dibeberapa tempat saja mungkin. hal itu terjadi disalah satu kota di Indonesia yaitu di pekanbaru riau. Di kota tersebut terjadi hal yang menurut saya sangat mengerikan, mungkin saya tidak tahan untuk hidup disana. Kenapa ? karena munculnya asap - asap yang tiada habisnya dan juga membahayak bagi kesehatan masyarakat disana. Berdasarkan berita yang saya lihat tadi siang, asap itu mengandung hal - hal yang berbahaya tepatnya saya kurang tahu menahu apa saja hal berbahaya itu, karena kurangnya pengetahuan saya. Tapi!! apa yang membuat asap itu ? tentu itu bukan bencana alam yang semerta - merta karena alam yang melakukannya, hal itu terjadi karena beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. Oknum tersebut membakar hutan, entah sebesar apa hutan yang dibakar itu sampai - sampai dapat membuat asap yang tebal dan berbahaya tersebut. Oknum yang hanya mementingkan urusan kelompoknya tanpa memperhatikan dampak apa yang akan terjadi, apakah dampak itu sangat besar atau hanya sekecil butir pasir.

Dari sini dapat saya pahami, "Alam memang sangat menguntungkan bagi kita apabila kita merawat dan menjaganya dengan baik, tapi alam bisa sangat merusak dan bahkan memusnahkan kita apabila kita merusak, tidak merawat dan tidak menjaganya."
Jadi dengan begini semoga manusia yang tinggal dibumi ini dapat merawat alam sekitarnya dengan baik, dan semoga selalu diberikan kesehatan dan berkah terhadap masyarakat kota pekanbaru Riau #PrayForRiau #SaveOurEarth #SaveOurNature