9:32 PM
0
hari Rabu tanggal 13 Maret 2014



di hari ini saya belajar sesuatu dari seseorang tentang artinya suatu responsibility atau tanggung jawab tanggung jawab mudah diucap, tapi tanggung jawab itu susah untuk dilakukan atau diterapkan ke kehidupan nyata, apalagi orang yang tidak mengerti akan arti dari hidup ini tanggung jawab emang susah dilakukan, banyak orang lari dari tanggung jawab sebenarnya apasih arti tanggung jawab ? apa itu sebuah perilaku seseeorang ? menurut kamus bahasa indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya kalau menurutku tanggung jawab itu perilaku seseorang untuk menanggung apa yang telah diperbuatnya (yah mirip - mirip dikit sama yang ada dikamus hehehe) masih banyak orang lari dari tanggung jawab...
(tetapi banyak juga orang yang bertanggung jawab atas perbuatannya) saya sedikit cerita tentang hari ini...
hari ini teman saya mungkin sedang dilanda sial panggil aja "X".. dia melakukan perbuatan merusak barang yang mungkin kecil tapi hal itu dilihat oleh seorang yang mempunyai jabatan tinggi anggap saja bossnya...
saat itu ramai jadi tidak terlihat teman saya yang melakukan kejadian itu dan segera lari karena takut akan dimarahi atau dipecat mungkin...
kebetulan saya berdekatan dengan tempat sembunyi teman saya yang pelaku tersebut, yah saya yang gak melakukan apa - apa bingung dengan muka aneh gitu...
tetapi tiba - tiba teman saya yang satu lagi (panggil saja "Z" ), menghampiri kami... Z ini merupakan orang yang bisa dibilang seperti anak nakal, yah gak usah dibahas aktivitasnya... yang saya kaget saat si Z ini memberi nasihat ke si X...
secara garis besar seperti ini nasihatnya "meskipun kamu nakal, bejat ataupun dianggap negatif oleh orang lain, tapi jangan sampai pernah kamu lari dari tanggung jawab atas yang kamu lakukan"...
jleebbb, si X terdiam dan langsung segera meminta maaf kepada bossnya...
dan akhirnya dia tidak dipecat meskipun masih mendaat hukuman dan amarah dari sang boss....
disini saya pertebal kata - kata dari teman saya Z memang benar bertanggung jawab itu susah... takut akan dimarahi... takut untuk tidak bisa mengganti apa yang telah diperbuatnya...
takut akan terjadi hal yang tidak bisa diakal pikirkan... hal ini membuat kau akan selalu kepikiran terus akan hal tersebut...
mungkin bisa terpikirkan terus sampai kau mati... tapi... saat kau berani bertanggung jawab atas apa yang telah kau perbuat...
mungkin orang yang telah kau lukai hatinya atas perbuatanmu, akan bisa memaafkan atau memberi sedikit ampunan kepadamu...
daripada tidak bertanggung jawab dan hanya akan memberikan efek negatif terhadap pikiran dan jiwamu juga hubunganmu dengan orang lain...
jadi disini bertanggung jawablah, apapun yang terjadi setelahnya... entah kau akan mati, kau tidak akan pernah menyesalinya....