4:02 PM
0



Halo guys, welcome back to my blog. Gimana kabar kalian ? Semoga sehat selalu. Buat yang kuliah gimana juga IP kalian ? semoga tetap bagus dan lulus dengan tepat waktu ya. 

Kali ini aku akan membahas komik-komik dalam webtoon indonesia. Kakak, webtoon itu apa ? Kalian belum tahu webtoon ? Webtoon itu merupakan wadah yang disiapkan oleh Line untuk para komikus-komikus berkarya dan diterbitkan. Karena awal webtoon ini berasal dari korea, jadi kebanyakan komik di dalamnya merupakan komik dari korea dan diterjemahkan kedalam bahasa indonesia. Ada beberapa komikus Indonesia yang berhasil menerbitkan karyanya di webtoon, seperti si Juki, Tahilalats, dan juga Ojek Story (mungkin masih ada yang lain, tapi belum aku baca)

5 Komik Webtoon Indonesia Favourit


Oke lanjut....

Jadi di artikel ini aku akan mengurutkan komik-komik webtoon terfavourit versiku sendiri, versi danang rs, versi blog zerodanker.Yuk langsung aja ya, kelamaan basa-basinya. Yuk kita mulai dari urutan paling bawah yaitu ke-lima :

5. "Dice" atau "The Gamer"

5 Komik Webtoon Indonesia Favourit   5 Komik Webtoon Indonesia Favourit

Untuk urutan ke-5 aku bingung memutuskan diantara ke-2 komik ini. Ceritanya seru, actionnya juga bagus, karakter-karakter utama dan juga pendukungnya saling berhubungan, udah gitu alurnya benar-benar bagus banget. Kenapa aku bingung memilih diantara ke duanya ? karena 2 komik ini hampir mirip. Penjelasan yang banyak dan bikin bingung, banyak misteri-misteri yang belum terungkap, dan juga alurnya yang sulit sekali ditebak. Mungkin karena sesuatu yang baru dan aneh ya.

4. "Cheese in Trap"

5 Komik Webtoon Indonesia Favourit


Di urutan ke-4 aku memilih komik dengan judul "Cheese in Trap". Komik yang menceritakan kisah dua orang, yaitu Seol(kalau tidak salah namanya) dan Jung yang diawal hanya sebatas teman/tidak saling suka, tapi akhirnya sekarang menjalin kasih. Kenapa aku lebih memilih romance ini daripada romance lainnya di webtoon ? Jujur ini romance bikin penasaran, sifat Jung yang benar-benar sulit ditebak ataupun Seol yang juga punya sifat polos dan membingungkan. Dan juga kisah cinta antara Seol dan Jung yang kedepannya akan gimana, meskipun punya sifat yang berbeda tapi mereka pintar. Akankah mereka cocok terus ? Ini yang bikin penasaran, apalagi alur-alurnya tidak seperti cerita - cerita romance yang mudah ditebak. Selain itu juga, komik ini sudah dibuatkan drama koreanya, jujur aku belum lihat sih drama koreanya.

3. "Tahilalat" 



5 Komik Webtoon Indonesia Favourit


Lagi-lagi diurutan ke-3 ini aku bingung untuk memutuskan 2 komik ini. Mungkin terlalu banyak yang komik yang bagus ya di webtoon sampai bikin bingung harus memilih 5 paling favourit. Komik "Tahilalats" ini berawal dari komik instagram dan akhirnya sekarang bisa dibaca diwebtoon juga. Komik ini benar-benar bikin bingung dan baru kali ini aku baca komik seaneh ini, tapi bikin ketagihan. Komik yang bikin lihat komentar dulu baru paham maksudnya. Diawal-awal terbitnya komik ini, sering memberikan pesan moral (tidak selalu sih) yang tersurat sehingga banyak dikomentar yang menerka-nerka apa pesan moralnya. Dan di suatu episode sampai di buatkan komiknya dan menyinggung yang menerka-nerka pesan moral hahaha bener-bener mindblowon komikusnya.

2. Star Wars

5 Komik Webtoon Indonesia Favourit


Siapa sih yang gak tau Star Wars ? dan sekarang ada komiknya di webtoon. Bener-bener bikin nostalgia buat para penggemar Star Wars, kangen melihat aksi-aksi Luke, Leia dan Han Solo. Serta tak lupa menunjukan pertarungan light saber yang seperti melihat filmnya kembali beberapa tahun lalu. Meskipun ada beberapa adegan yang berbeda, ataupun disingkat tetap saja tidak mengubah alur ceritanya yang seperti di film. Gak sabar juga nunggu apakah akan lanjut sampai Force Awakens atau bahkan lebih dari itu ? sayangnya juga diupdate cuma seminggu sekali.

1. Nobblesse

5 Komik Webtoon Indonesia Favourit


Jeng...Jengg yap inilah komik terbaik di webtoon menurutku, "Nobblesse". Kisah seorang "Nobblesse" yang berada di dunia manusia serta berteman dengan mereka. Ini komik benar-benar keren deh, alurnya dapet, aksinya dapet, deg-degannya dapet, bahkan komedinya juga dapet banget. Dijamin ketagihan banget kalau udah baca komik ini. Selain itu juga sekarang ada Nobblesse Spin-Off, ceritanya tentang prequel sebelum Nobblesse. Benar-benar bikin ketagihan lihat tingkahnya Rai, Frankeinstein, M-21, Takio, Seira, Lord dan juga tokoh-tokoh lainnya yang tergabung.


Itulah ke-5 Komik (6 mungkin ya) favourit di Webtoon versiku, Danang RS, penulis blog zerodaker. Kalian boleh setuju ataupun juga gak setuju dengan pilihanku diatas, mungkin banyak yang gak setuju ya. Kalau dilihat di webtoon indonesia sendiri, komik-komik yang aku sebutkan diatas tidak masuk dalam 5 komik favourit. Sayang banget padahal komik-komik diatas juga gak kalah seru dari komik-komik favourit versi webtoon indonesia.

Buat kalian yang juga ingin baca komik-komik webtoon, bisa download aplikasi webtoon di Store kalian. Ya kalau android di playstore sedangkan untuk ios di appstore. Buat yang gak punya handphone android ataupun ios bisa juga cek ke webnya http://www.webtoons.com/id/ , kalian bisa baca di web tersebut. 

Yah sudah dulu guys artikel dariku ini, semoga semakin banyak komik-komik Indonesia yang sering terbit di webtoon dan sukses buat kalian semua. Thank's for read, please comment, share or join on my blog to see updates from my blog, See ya!!


0 comments: