6:25 PM
0



Di malam minggu ini karena sudah terlalu lama ngejomblo aku bikin sebuah artikel yang mungkin harus kita renungkan. Sebelum itu aku sekarang ini mencoba tantangan dalam dunia bisnis yah bisnis kecil - kecilan (maklum modal masih seupil). Aku terinspirasi untuk berbisnis dari tokoh Billy Boen, seperti yang aku ceritakan dalam artikel sebelumnya "My Top Inspiration". Aku mencoba semua bisnis mulai jadi dropshipper sampai reseller seperti sekarang. Aku juga kadang - kadang kalau bosen mutar - muter komplek perumahan cari udara seger atau naik sepeda motor entah mau kemana. Kadang disitu aku lihat banyak orang yang mengemis, eker-eker sampah, sampai ada yang mengamen juga mulai dari anak kecil sampai anak kakek - nenek yang mungkin siap dikubur ada. Yep kasian sih melihatnya, mereka mencari uang dengan sebegitu gigihnya berbeda denganku yang sedang menghabiskan bensin hanya untuk memuaskan moodku. Yah kasian tapi aku bingung gak punya duit buat bantu mereka. Hal ini kuceritakan kepada mamaku tercinta, then what she say ?? kalau tidak salah bilang loha ya kayak gini "Kamu itu beruntung banget bisa punya sepeda motor, laptop atau barang mewah lainnya, tapi kamu juga belum puas untuk memiliki barang yang lebih wow dan canggih. Coba bayangin aja kalau kamu seperti gelandangan itu, makan aja susah gimana buat beli hp dsb. Maka dari itu jangan sampai kamu menyakiti mereka dan selalu berbagi kebahagiaan kita kepada mereka. Gak harus dalam bentuk materi, kita bisa ajak senang - senang, bermain bersama atau bahkan sekedar berbagi cerita kehidupan."

Dari situ akhirnya sekarang aku paham, untuk menolong seseorang kita gak harus berbagi materi, kita dapat berbagi ilmu,kebahagiaan atau kesenangan kita kepada orang yang ingin kita tolong. Aku pernah menemukan sebuah kasus, ada bapak - bapak (umurnya mungkin 28-an) jalan gitu pakai jas hitam, rapi banget, bawa tas yang persegi hitam itu yah pokoknya kayak pekerja kantoran gitu. Saat tuh bapak - bapak yang mungkin umurnya 28-an itu mau masuk ke sebuah kantor, ada seorang pengemis, bapak itu marah - marah ke pengemis tersebut dan menyuruhnya pergi. Lumayan ah nonton sinetron dikit. Yah karena aku dulu masih cemen dan gak tau apa - apa aku cuma melihat dari kejauhan karena takut sama bapak - bapak tersebut. Gak lama bapak itu keluar dan dengan muka kusut seperti baju yang gak di pakai seminggu gak ganti - ganti. Aku menoba bertanya kepada pegawai yang juga lewat situ tentang bapak tersebut. Bapak itu dulunya kaya, karena tamak dia berhenti dari tempat kerjanya yang lama dan ke kantor tersebut untuk mendapat pekerjaan, mungkin dia ditolak kerja dari situ. Dalam hati aku ngomong makan tuh karma, salah sendiri marah - marah ke pengemis yang gak tau apa - apa.

Jadi apa yang dapat di pelajari ? waktu kita mendapat uang jangan langsung untuk dihambur - hamburkan, buat foya - foya, atau cuma ke bandara untuk makan soto yang harganya tentu selangit. Atau jangan langsung nraktir si pacar di cafe - cafe mahal. Cukup sisihkan dan jika ada orang yang membutuhkan berikan kepadanya.Atau ke panti asuhan terus ngasih hadiah ke anak - anak yang kurang beruntung. Atau juga bisa bikin acara sunatan massal untuk anak dari orang tua yang kurang mampu memotong anaknya. Eh maksudnya menyunat anaknya. Ada banyak cara untuk berbagi demi kebahagiaan orang - orang sekitar, gak cuma dapat pahala tapi juga teman dan kebahagiaan juga.

Contoh lain orang kaya yang selalu berbagi. Tau Bill Gates kan? gak tau kebangetan deh. Yah anggap saja yang punya windows kamu. Dia katanya orang terkaya nomor 1 atau 2 gitu, bayangin aja gaji presiden berapa dan gaji pak Bill Gates berapa kali lipatnya gaji pak presiden. Pasti sudah bisa beli bakso serombong - rombong di seluruh Indonesia. 

Pak Bill Gates ini, selain dia kaya dia juga sudah berbagi kepada masyarakat Afrika terutama pada penyakit ebola. Penyakit ganas yang dapat membunuh manusia. Selain mendonasikan asetnya, Pak Bill Gates ini juga sampai datang ke Afrika untuk melihat donasinya sampai gak ke masyarakat disana sekaligus melihat keadaan disana.

Begitulah contoh singkat.Banyak uang bukan harusnya bersanang - senang untuk diri sendiri (meskipun aku juga kadang - kadang sih), setidaknya berikan sebagian kecil dari harta yang kau dapatkan untuk orang yang membutuhkan. More Money, More Share and More Respect :)                                                                                                                                                                        

0 comments: