10:32 PM
0
Hari Kamis minggu kemarin saya mendapatkan mata kuliah bahasa indonesia
Karena masih awal pak dosen hanya menjelaskan tentang kontrak perkuliahan (tentang keterlambatan dan lain - lain) dan materi kuliah yang akan dihadapi selama 1 semester ini.

Tapi juga pak dosen sedikit berceramah dan membuka beberapa pikiranku.

Selama ini sudah berapa tahun kalian belajar bahasa indonesia ? 6 tahun? 9 tahun ? 12 tahun ? atau lebih dari 12 tahun ???
Tenang saja, saya tidak akan menulis artikel tentang pelajaran bahasa indonesia seperti EYD, kalimat deduktif dan lainnya. Jujur saja kalau tentang hal - hal seperti itu saya kurang pandai, ya saya juga seorang manusia biasa yang memiliki keterbatasan untuk mengingat semua itu.
Saya disini hanya akan membahas tentang, apakah kalian semua pernah bangga menggunakan bahasa indonesia tersebut ?
Coba tanyakan pada hati nurani kalian para warga negara indonesia ?
sekali lagi, apa kalian pernah berfikir untuk bangga menggunakan bahasa indonesia ?

Sebelumnya saya hanya ingin menginfokan keadaan negara tercinta kita ini. Indonesia terdiri dari beribu - ribu pulau dengan 5 pulau besar salah satunya. Indonesia diampit oleh 2 samudra besar dan 2 benua. Hal - hal ini merupakan salah satu faktor akan bermacam - macamnya kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Kalau tidak salah ada 1000 lebih suku bangsa yang berbeda di Indonesia, dengan berbeda - beda rumah adat, pakaian adat, tarian daerah dan juga bermacam - macam bahasa khas daerah masing - masing.

Apa kalian sudah menemukan jawabannya ? jadi banggakah ? atau tidak bangga ? atau hanya biasa - biasa saja dan cuek dengan pertanyaan tersebut?? Coba teruskan baca artikel yang saya tulis ini

Sudah saya sebutkan diatas tadi tentang suku bangsa yang ada Indonesia yang memiliki bahasa daerah yang begitu banyak, ada bahasa batak, bahasa sunda, bahasa jawa, bahasa bali, bahasa manado, bahasa makassar, bahasa papua, bahasa lombok dan masih banyak lagi. Bayangkan jika 1000 suku bangsa tersebut memiliki bahasa khasnya masing - masing. Semisal jika orang sunda ketemu orang jawa, dan mereka ngomong bahasa mereka sendiri - sendiri apa bisa paham ? dan yang digunakan untuk saling memahami apa ? tentu bahasa indonesia dong. Dari contoh ini bisa kita bayangkan jika bahasa indonesia yang kita miliki ini bisa menyatukan dan saling komunikasi antar 1000 suku bangsa(atau lebih) yang ada di Indonesia. Contoh lagi, tv nasional kita, semuanya berbahasa indonesia dan semua orang indonesia pasti menonton dan memahami apa yang di tonton. Contoh aja negara tetangga, kalau tidak salah negara tetangga itu dihuni 3 suku bangsa, melayu, china dan 1 lagi maaf saya lupa hehe. Bayangkan aja jika tvnya menayangkan acara upin ipin, apa orang - orang china disana paham akan apa isi dari acara tersebut ? bingung iya.

Jadi, menurut saya bahasa indonesia itu bisa menyatukan 1000 lebih suku bangsa di 1 negara, mereka paham dan mengerti bahasa indonesia jadi saat 1 suku bertemu dengan suku - suku yang lain mereka akan menggunakan bahasa indonesia untuk berkomunikasi agar saling memahami, gimana gak bangga sama bahasa indonesia jika seperti itu ?
Still not proud about bahasa indonesia ? atau tambah bangga menjadi orang indonesia dan menggunakan bahasa indonesia ??
it's your choice guys

0 comments: